Rutinlah ke Bengkel Ganti Oli Agar Hal Ini Tidak Terjadi pada Mobil Anda

Pelumas atau lebih sering dikenal dengan istilah oli adalah salah satu bagian yang paling penting untuk mendukung performa mobil sebuah kendaraan seperti motor dan mobil. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kondisi oli selalu baik. Jika dirasa sudah mulai kotor, maka sebaiknya oli segera diganti di bengkel ganti oli agar bisa disesuaikan dengan jenis mesin mobil.

Yang patut disayangkan adalah kebanyakan pemilik mobil tidak terlalu peduli dengan hal ini. Mereka menganggap remeh oli dan tidak mengganti oli tepat waktu, atau bahkan tidak mengganti oli sama sekali. Padahal, oli yang sudah kotor dan mengental memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kendaraan. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk tersebut.

Risiko Oli Tidak Pernah Diganti

    1. Mesin menjadi cepat panas

Pertama, ketika oli sudah dalam keadaan tidak baik, maka itu akan berisiko menyebabkan mesin menjadi cepat panas. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi dari oli adalah untuk mendinginkan mesin. Saat jarang diganti, oli akan menurun volume dan kualitasnya sehingga tidak mampu untuk mendinginkan mesin. Akibatnya, mesin akan rawat mengalami overheat yang menyebabkan mobil susah dihidupkan.

Selain mobil susah dihidupkan, mesin yang panas akan merusak komponen-komponen mobil lainnya seperti busi, rem, dan lain-lain. Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi, hal ini akan sangat membahayakan perjalanan, apalagi jika mobil digunakan dalam perjalanan yang jauh. Jangan heran jika Anda perlu mengeluarkan uang sangat banyak jika masalah ini terjadi.

    1. Kinerja mesin menurun

Selanjutnya, kinerja mesin juga akan menurun jika oli dalam keadaan kotor dan mengental. Berkaitan dengan poin nomor satu, mesin yang panas secara tidak langsung akan membuat mesin tidak bisa bekerja dengan maksimal. Tarikan akan menjadi lebih berat, muncul suara gemetar pada mesin, dan sebagainya. Yang paling parah, mobil tidak akan mau dihidupkan.

Kalah sudah seperti ini, Anda pasti akan mengalami masalah yang bertubi-tubi seperti terlambat ke kantor, kehilangan momen spesial, keluar uang untuk servis, dan lain-lain. Jadi, sebelum Anda ikut dalam daftar orang yang tidak peduli pada oli mobil, pikirkan baik-baik risiko ini yang bukan tidak mungkin suatu saat akan menimpa Anda.

    1. Merusak komponen mesin

Saat oli tidak pernah diganti dan dalam keadaan tidak bagus, berbagai komponen mesin akan terkena dampaknya. Beberapa elemen tersebut antara lain silinder, piston, dan komponen lainnya. Jika dibiarkan terlalu lama, Anda harus bersiap-siap untuk tidak hanya mengganti oli, namun juga komponen-komponen yang rusak tersebut.

Ibarat tubuh, oli adalah darah yang mengalir. Jika darah tersebut kotor atau mengalami gangguan, maka organ-organ tubuh yang lain akan ikut terpengaruh dan membuat seseorang tumbang. Oleh karena itu, selalu pastikan oli dalam keadaan bersih.

    1. Boros bahan bakar

Tak peduli jika mobil yang Anda gunakan mengusung fitur penghemat bahan bakar jika hal yang satu ini masih diabaikan. Sebaik-baik apapun mobil, jika oli yang digunakan kotor dan mengental, tetap saja dapat menyebabkan bahan bakar menjadi boros. Hal ini dikarenakan tarikan mesin yang menjadi berat. Dampaknya, mesin membutuhkan tenaga lebih yakni bahan bakar sehingga menyebabkan lebih boros bahan bakar.

    1. Rugi biaya

Jika Anda rutin untuk mengganti oli, biaya yang harus Anda keluarkan mungkin tidak akan lebih dari Rp100.000,00. Akan tetapi, ketika Anda lalai dan membiarkan oli tidak diganti, maka bersiap-siaplah untuk mengeluarkan uang lebih banyak dari itu. Ada biaya-biaya lain yang mungkin harus Anda bayar seperti ganti oli mesin, servis komponen mesin yang rusak, dan lain-lain.

Itulah tadi beberapa hal negatif yang akan Anda alami jika mengabaikan masalah ganti oli. Mungkin ada beberapa alasan kenapa pemilik mobil tidak mau mengganti mobil, antara lain lupa, tidak ingin mengeluarkan biaya, merasa tidak penting, malas ke bengkel, dan lain-lain. Namun, saat ini sudah ada layanan yang tepat.

Layanan tersebut adalah Otomall.id. Dengan menggunakan Otomall.id, Anda bisa mendapatkan layanan tune up atau ganti oli dengan biaya yang lebih murah hingga 40%. Saat ini sudah banyak bengkel yang bermitra dengan Otomall.id sehingga Anda tidak perlu kebingungan untuk mencarinya. Lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi website resminya di www.otomall.id.