Ingin Membeli Sepeda Downhill? Simak Beberapa Tips nya!

Diantara jenis sepeda gunung yang digemari banyak orang adalah sepeda downhill. Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa sepeda downhill merupakan jenis sepeda yang cocok untuk trek yang cenderung ekstrem di alam bebas dan pegunungan. Oleh karenanya, hanya mereka yang memiliki nyali saja yang akan menggunakan jenis sepeda ini.

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak merek sepeda downhill yang membuat produk sepeda berkualitas untuk menyenangkan hobi Anda tersebut. Adanya banyak produk sepeda downhill tentu saja akan membuat Anda cenderung leluasa untuk memilih mana sepeda downhill yang tepat dan sesuai dengan keinginan.

Memilih Sepeda Downhill Terbaik

Perlu diketahui bahwa sepeda downhill adalah jenis sepeda yang memiliki suspensi dan frame yang khusus. Keduanya memiliki kekuatan yang berbeda, sehingga tidak akan mudah patah untuk digunakan dalam trek yang ekstrem dan berbahaya. Selain itu, umumnya, suspensi fork sepeda downhill adalah travel 170 hingga 200 mm.

Nah, untuk memilih sepeda downhill yang tepat, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melihat detail rangka

Rangka menjadi salah satu bagian yang paling penting dari sepeda downhill dan harus diperhatikan dengan saksama ketika hendak memilih produk sepeda downhill yang tepat. Ya, detail rangka secara keseluruhan akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan sepeda yang hendak Anda pilih.

Dalam hal ini, mulailah dengan memilih bahan rangka. Umumnya, rangka sepeda downhill dibuat dengan bahan alloy yang selain ringan, juga kuat. Namun, ada bahan lain yang juga digunakan, seperti carbon –dengan bobot yang lebih ringan.

  • Cek suspensi

Suspensi menjadi jiwa dari produk sepeda downhill. Tidak dimungkiri memang jika suspensi adalah kunci kenyamanan dan keamanan sepeda downhill. Oleh karenanya, perhatikan spesifikasi suspensi sepeda downhill dengan tepat. Anda bisa melihat teknologi suspensi yang digunakan, ukuran travel, dan lainnya.

Umumnya, sepeda downhill memiliki dua suspensi, yaitu depan dan tengah. Nah, pastikan jika keduanya memiliki spesifikasi yang cocok dengan medan yang ingin Anda taklukan. Meskipun, Anda bisa saja melakukan upgrade sepeda downhill untuk menemukan suspensi yang lebih tepat.

  • Perhatikan group set

Hal lain yang penting untuk diperhatikan saat hendak memilih sepeda downhill adalah spesifikasi dari group set. Nah, cek berapa speed sepeda downhill yang hendak Anda pilih tersebut dan pastikan sesuai dengan keinginan Anda. Pada dasarnya, group set memegang kenyamanan penuh dari sepeda sehingga menjadi bagian yang sangat penting.

Selain itu, perhatikan pula rem dari sepeda downhill. Tentu saja, seiring dengan trek yang sangat ekstrem dan susah, kondisi rem yang prima menjadi hal yang wajib. Nah, pastikan jika sepeda downhill yang Anda pilih sudah dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan dan belakang.

  • Cek ukuran ban

Untuk keseimbangan yang maksimal, ukuran ban sepeda downhill harus dipilih dengan tepat. Umumnya, ban yang digunakan memiliki tapak lebar yang bisa mencengkeram tanah medan dengan maksimal. Dalam hal ini, Anda sepertinya juga perlu melihat pola ban demi mendapatkan keseimbangan yang optimal.

Nah, beberapa poin di atas adalah pertimbangan yang cukup penting untuk Anda lakukan saat hendak membeli sepeda downhill yang tepat. Dengan beberapa pertimbangan di atas, tentu Anda bisa menemukan sepeda downhill terbaik sesuai keinginan. Sebagai tambahan, cek merek dari sepeda downhill karena umumnya merek akan mempengaruhi kualitas dari sepeda yang hendak Anda pilih.

Deskripsi: sepeda downhill adalah jenis sepeda yang cocok untuk medan yang berat. Untuk Anda yang suka tantangan, jenis sepeda ini bisa menjadi pilihan yang tepat.