Ganti Aki Mobil Termurah dan Berkualitas di Jabodetabek

Telat mengganti aki bisa membuat aki tekor. Untuk itu, mobil harus dirawat secara berkala. Jika sudah waktunya ganti, aki mobil harus segera diganti. Sayangnya, banyak bengkel ataupun toko yang tak memberikan kepuasan dalam penggantian aki. Jika kalian mencari montir yang menjamin kepuasan pelanggan, Montir.id adalah pilihannya. Selain jasa pemasangan yang bebas biaya, garansi selama 6 bulan juga diberikan. Bahkan, mekanik mau datang ke lokasi dan responnya pun cepat serta mudah.

Tips Ganti Aki Mobil

Penggantian aki yang tidak tepat bisa merusak komponen. Lebih dari itu, hal tersebut bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Pasalnya, aki termasuk salah satu inti dari mobil yang berfungsi menyimpan sumber listrik sebagai kebutuhan starter ataupun menyalakan komponen elektronik lain ketika mesin tidak menyala. Ketika aki sudah lemah, sebaiknya penggantian aki segera dilakukan. Namun, kalian tidak boleh salah dalam mengganti aki. Untuk itu, kalian perlu mempertimbangkan beberapa tips berikut ini:

  1. Kenali tanda-tandanya

Pertama-tama, kalian harus mengenali tanda-tanda jika aki sudah menurun performanya. Salah satu tanda yang paling umum adalah mobil sulit dinyalakan. Dengan aki yang sudah menurun, biasanya butuh beberapa kali starter untuk menyalakannya. Jika hal ini terjadi, segera cek kondisi dari aki mobilmu.

Tanda lain dari aki yang sudah lemah adalah lampu mobil yang tidak menyala seterang biasanya. Selain itu, bunyi klakson yang melemah juga menjadi salah satu tanda aki perlu dicek. Namun diluar itu semua, kalian harus tahu berapa lama perkiraan aki harus diganti.

Umumnya, aki bawaan mobil digaransi oleh dealer selama tahun atau 50 ribu km. Untuk itu, sebaiknya penggantian aki dilakukan jika sudah mendekati waktu atau jarak tersebut. Indikator aki juga perlu dicek. Jika warna merah terlihat, artinya aki sudah rusak. Jika warna putih yang terlihat, artinya aki perlu dicharge. Jika warna biru, artinya aki masih bagus dan belum perlu diganti.

  1. Jangan asal ganti

Mengganti aki tidak semudah yang dibayangkan. Memang, hal ini tampak sederhana dengan melepas pengikat atau mengendurkan baut. Namun, kerusakan pada kelistrikan bisa terjadi jika kesalahan terjadi sedikit saja. Tak hanya itu, kecerobohan bisa merusak mesin terutama pada mobil injeksi. Beberapa fitur bisa mengalami riset ulang dan eror yang mungkin berdampak pada resiko korsleting.

Untuk mengganti aki, yang perlu diperhatikan pertama kali adalah memilih aki yang baru. Merk bukan masalah utama. Namun, spesifikasi yang ditawarkan harus sesuai standar pabrik. Hal ini sangat mudah dilakukan. Kalian cukup lihat deret angka spesifikasi pada dus & badan aki. Di sana, terlihat spesifikasi lengkap seperti kapasitas aki, voltase, dan dimensi.

  1. Ganti aki sendiri

Kadang, mengganti aki tak perlu dilakukan di bengkel. Jika kalian paham, penggantian aki bisa dilakukan sendiri di rumah. Pertama, kunci kontak harus pada posisi off. Setelah itu, diamkan dulu sejenak untuk memastikan komponen kelistrikan sudah mati serta mencegah kerusakan electronic control unit (ECU). Supaya aman, lepaskan dulu kabel negatif, kemudian yang positif. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan api.

Selain memperhatikan kapasitas dan ukuran aki, pastikan kalian juga memperhatikan posisi kutubnya. Meski kelihatannya sepele, hal ini bisa merusak komponen kelistrikan & ECU. Terlebih jika kesalahan pasang terjadi, komponen kelistrikan & ECU akan ngeblok hanya dalam hitungan detik. Hal ini sangat mungkin terjadi pada mobil-mobil buatan Eropa. Solusinya, kalian perlu mereset ECU setelah mengganti aki. ECU perlu direset jika power window & central lock tidak berfungsi, indikator tidak menyala, atau takometer tidak tepat.

Lalu, berapa harga aki mobil di Montir.id? Harganya tentu saja berbeda-beda. Harga yang ditawarkan tergantung merk dan spesifikasinya. Agar tidak kecewa, pastikan kalian konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengganti atau membelinya. Kalian juga bisa melakukan tukar tambah aki di Montir.id. Harga yang ditawarkan mulai dari 770 ribu. Tukar tambah aki ini berlaku untuk aki GS untuk berbagai merk mobil seperti Starlet, Avanza, Splash, Carry, APV, dan Xenia.