Bayi Tidak Nyenyak Saat Tidur? 4 Tips ini Bisa Anda Terapkan

Sejak hadirnya buah hati, kegiatan orangtua mengalami banyak perubahan. Mulai dari jam tidur dan pekerjaan rumah yang bertambah banyak. Supermarket atau mall sebagai tempat yang paling sering dikunjungi diambil alih oleh toko resmi drypers untuk membeli berbagai perlengkapan bayi. Jam tidur juga kembali menyesuaikan dengan jam tidur buah hati yang masih belum teratur.

Agar Bayi Tidur dengan Nyenyak

Tentu sebagian ibu percaya bahwa hal paling sulit selain membuat bayi berhenti menangis adalah menidurkan bayi dengan nyenyak. Ritme tidur yang belum teratur membuat bayi gampang menangis. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya berikut supaya bayi tetap nyenyak saat tidur.

1. Menyusun tempat tidur dengan tepat

Buah hati Anda tentu akan merasa nyaman jika tempat tidur yang disiapkan tidak mengganggu tidurnya. Jika Anda menggunakan sprei anti air lebih baik untuk melapisi atasnya dengan kain selimut atau kain lembut lainnya. Kemudian gunakan bantal dengan cekungan ke dalam di tengahnya. Hal tersebut dapat mengurangi gerak buah hati Anda saat tidur. Letakkan guling di sisi kanan dan kiri dekat buah hati Anda.

Tempat tidur untuk bayi akan lebih baik jika menggunakan dipan daripada langsung di lantai. Kondisi lantai yang terkadang kotor membuat bayi mudah terkena debu. Anda bisa juga menggunakan kerodong bayi anti nyamuk untuk melindungi bayi ketika tidur.

2. Atur Cahaya

Cahaya dapat memberikan efek kepada setiap orang untuk membuka mata. Begitu pula dengan bayi yang akan melek jika terdapat cahaya terang di sekitarnya. Sehingga ketika Anda hendak menidurkan bayi sebaiknya meredupkan lampu atau mematikannya. Cahaya yang redup akan mempermudah bayi tidur karena memberikan efek kantuk.

3. Persiapkan Perlengkapan Untuk Ganti

Ketika tidur, besar kemungkinan bayi akan buang air kecil. Sehingga Anda dapat mempersiapkan popok yang sudah dibeli dari toko resmi drypers di dekat tempat tidur bayi. Sehingga ketika bayi Anda ngompol, maka popok dapat diganti dengan mudah. Jika tidak segera diganti, tentu akan memberikan rasa tidak nyaman.

Selain itu, persiapkan pula celana atau baju ganti jika memang diperlukan. Pastikan Anda menggantinya dengan pelan-pelan supaya tidak mengganggu tidurnya.

4. Pastikan Dalam Kondisi Kenyang

Sama seperti orang dewasa, bayi juga akan gelisah ketika tidur jika masih lapar. Oleh sebab itu, akan lebih baik Anda mengenali jam-jam tidur buah hati Anda. Sebelum jam tersebut Anda bisa menyusuinya atau menyuapi makanan supaya kenyang terlebih dahulu.

Penting bagi Anda untuk memastikan tempat tidur dan perlengkapan buah hati selalu bersih dan stok popok dari toko resmi drypers selalu cukup. Apabila keempat hal tersebut sudah dilakukan, maka Anda dapat kembali menjalani aktivitas rumah tanpa khawatir.