5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Jika Si Buah Hati Nanti Lahir

Merawat bayi yang baru lahir memang bukan menjadi pekerjaan mudah. Namun, bukan berarti skill tersebut tidak bisa dipelajari. Para moms tetap bisa merawat bayi baru lahir dengan sangat baik. Kuncinya tidak lain ada pada ketenangan. Moms sebaiknya jangan khawatir. Cukuplah dengan menyimak cara merawat bayi baru lahir yang dijamin mudah seperti berikut.

5 Cara Merawat Bayi Baru Lahir

    1. Jaga kebersihan

Biasakan sebelum moms dan orang lain menyentuh si kecil agar mencuci tangan terlebih dahulu. Ini penting demi menghindari adanya virus maupun kuman lainnya menempel di tubuh bayi. Moms juga sebaiknya menghindari kontak fisik si bayi dengan orang asing khususnya saat berada di tempat umum seperti rumah sakit, halte, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

    1. Jaga keamanan

Moms juga perlu berhati-hati saat tengah menggendong si kecil. Apalagi ketika memegang bagian kepala serta leher. Jangan sekali-kali mengguncangkan tubuh bayi ketika hendak memberikan ketenangan. Bayi belum mempunyai fisik yang kuat ya, moms. Jika hal ini terjadi dikhawatirkan justru akan menyebabkan pendarahan dalam organ penting otak.

    1. Memandikan bayi

Jangan memandikan bayi sampai tali pusatnya benar-benar terlepas lebih dahulu. Moms hanya perlu mengelap si kecil dengan lap mandi saja. Barulah saat tali pusat betul-betul terlepas, moms baru boleh memandikannya dengan sabun serta shampo khusus bayi. Moms, biarkan tali pusatnya terlepas sendiri ya. Jangan sekali-kali coba melepas tali pusat karena gemas.

Mau tau informasi lebih lanjut mengenai cara merawat bayi? Moms bisa mampir ke link ini: https://merries.co.id/community-parenting/kesehatan/cara-merawat-bayi-baru-lahir-bagi-moms-baru.

    1. Rutin ganti popok

Sebagai orangtua yang baik, moms perlu rutin mengganti popok si kecil. Biasanya para orang tua akan mengganti popok bayi sampai lebih dari 10 kali sehari. Terlebih ketika si kecil didampingi dengan susu formula. Untuk mengurangi seringnya ganti popok, moms bisa coba memakai popok Merries yang mempunyai daya serap tinggi dan tentunya bikin nyaman.

Popok sekali pakai ini tentu bisa membuat para moms tidak begitu repot. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran popok dengan berat badan si kecil ya, moms.

    1. Berikan susu

Moms harus tahu bahwa sebaiknya bayi diberikan susu 8 sampai 15 kali per harinya. Pemberian susu ini cukup direkomendasikan mengingat kapasitas perut bayi masih begitu kecil. Berikan susu kepada buah hati secara berkala. Tidak perlu menunggu bayi menangis dulu. Walaupun pada awalnya mungkin akan terasa sulit memberikan susu pada bayi, akan tetapi seiring bergulirnya waktu pasti moms akan terbiasa.

Moms jangan takut untuk merawat si kecil. Walaupun tubuh buah hati masih begitu kecil dan rentan, akan tetapi jika tidak memulainya dari sekarang, lantas bagaimana moms bisa mengurusnya dengan baik? Semua berawal dari belajar ya moms. Hal yang utama adalah berani. Jangan sungkan juga untuk meminta bantuan apabila sedang kerepotan. Ingatlah untuk melakukan yang terbaik bagi buah hati, ya moms!